Mengupas LIMA Sila Negara

0
275
views

Sang Destarata yang ketitipan bersifat sementara untuk mengelola Hastinapura kemudian menunjuk anaknya dan 100 anak-anaknya untuk mengelola.

Eman dan sayang, dan tidak memikirkan rakyat hastino, yang penting anak-anaknya. Kepentingan 100 anak-anaknya adalah segala-galanya ini yang penting. Berakibat rakyat terabaikan..!!

Padahal rakyat memiliki hak dan kewajiban mengembangkan diri.
Juga untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya.
Dan juga memilik hak dan kwajiban ikut serta dalam upaya pembelaan dan memajukan bangsa dan negaranya.

Dan di dalam negara Hastinapura telah berkembang partai-partai yang saling jegal diantara mereka dengan jargon “Persaingan dan Pertikaian Tidak Masalah dan Sah-Sah saja, Asal Sehat”

Dekadensi moral, perzinahan dan hilangnya akhlak dan adab, minum-minuman dan mabuk-mabukkan telah menjadi hal biasa, dan merajela.

Korupsi juga demikian berkembang dan semakin canggih karena sudah terlatih.

Ini oleh sang kurawa telah terabaikan karena demi kepentingan masing masing golongannya….!!

Perebutan dan bagi-bagi ambeng sudah menjadi hal yang lumrah.

Setiap dari anak-anaknya didoktrin, ini adalah negara “titipan” yang musti kalian pertahankan dengan darah “harga mati”. Tidak pernah terungkap sebagai yang ketitipan – jangan sampai.

Setiap dari anak-anaknya dibebaskan membuat golongan dan partai asal “harga mati”. Dalam kesadaran ataupun di luar kesadaran, sama-sama tidak mengetahui.

Di antara anak-anaknya saling berebut merasa (musti) penting dan memiliki jasa.

Yang penting jangan PENDOWO, inilah jargonNya.

Namun jika mengingatkan ke saudaranya yang lain, “he… kamu perhatikan kami-kami, perlu kamu ketahui bahwa kamu seperti kita, ini milik (ideologi) pancasila Sang GARUDHA” – PENDOWO.

Saling berebut yang sama-sama tidak dalam haknya.. Kisah seutas Goro-Goro Brotoyudo.

#pemurnian_kemurnian
#kyaitanjung
#kajianbapakkyaitanjung
#japo
#jatayu
#nusantarabangkit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here