GAMBLING [Bayyaan QS Al Baqoroh : 186]

0
303
views

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

 

Bayyan/ penjelasan dari ayat di atas adalah:

Kalau seseorang itu bertanya kepada Ingsun (Allah), katakan Ingsun (Allah) ini DEKAT.
Siapa yang memohon akan Kami kabulkan, maka penuhi (mengembangkan potensi yang Allah anugerahkan).

Jika kamu bertanya tentang diriKu, katakan bahwa Allah itu dekat. Kita tidak bisa apa-apa tanpa dengan Dia. لاَحوْلَ وَلاَ قُوَّة اِلاَّبِاللّهِ (tidak ada daya dan kekuatan kecuali daya kuatnya Allah).
Allah itu sangat dekat. Jika seseorang itu berdoa, akan Saya kabulkan doanya.

Tapi ayatnya tidak berhenti sampai disitu saja.
Bukan hanya dengan berdo’a kemudian langsung dikabulkan. Kalau ada orang gak ngapa-ngapain koq doanya dikabulin, itu hanya bagi mereka yang GAMBLING (JUDI).

Maka penuhi (perintah Allah). Jika memiliki tangan dilatih.

Copet yang hanya berdoa saja supaya dapat uang banyak, tidak akan menghasilkan apa-apa jika tidak berusaha, hanya berdoa. Kalau mau nyopet ya berangkat ke pasar, nyopet, ditangkap polisi deh.
Artinya, saat kita melakukan segala sesuatu itu butuh latihan. Eits, bukan latihan jadi copet maksudnya. Itu hanya sekadar contoh saja.

Sehingga semoga selalu berada dalam cahaya keimanan

Untuk memenuhi anugerah yang Allah limpahkan. Berfikirnya, telinganya, matanya, tangan dan kakinya yang sehat untuk dapat digunakan untuk peduli operasional.

Berdoa tanpa Tindakan adalah Munafik.
Berdoa tapi tidak berbuat apa-apa. Sudah diberi kelengkapan oleh Allah tapi tidak digunakan apa-apa maka menjadi munafik. Diberi tangan, gunakan untuk bekerja, menulis, dsb.

 

DAWUH
Bapak Kiai Tanjung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here